Friday, January 2, 2009

Apa itu Morning Sickness? Bagaimana menanggulanginya?

Morning sickness adalah rasa mual dan muntah yang biasanya terjadi pada masa 3 bulan awal kehamilan (trimester pertama kehamilan). Rasa mual dan muntah ini bisa terjadi karena makanan tertentu, bahkan hanya karena mencium bau makanan tertentu saja Setiap wanita hamil memiliki tingkat derajat mual yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu merasakan apa-apa, tapi ada juga yang merasa mual dan bahkan ada yang merasa sangat mual dan muntah setiap saat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormonal. Atasilah dengan makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya membuat anda mual. Di awal kehamilan ini kebanyakan wanita hamil hanya sedikit saja meningkat berat badannya dan ini tidak mempengaruhi perkembangan bayi anda. Dan jangan kuatir biasanya keluhan mual-muntah akan menghilang pada akhir trimester pertama.

Ingat setiap wanita hamil spesial dengan karakteristik masing-masing, begitu juga anda!

Berikut ini beberapa tips untuk membantu anda mengatasi “morning sickness” atau mual-muntah selama awal kehamilan:

  • Berusahalah makan sewaktu anda dapat makan, dengan porsi kecil tapi sering dan jangan makan dalam porsi besar yang membuat anda tambah mual.
  • Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein sehingga dapat membantu mengatasi rasa mual anda. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll
  • Waktu bangun tidur pagi hari jangan langsung buru-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila anda merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi persiapkan snak atau biscuit didekat tempat tidur anda, dan anda dapat memakannya dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.
  • Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual anda.
  • Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
  • Vitamin untuk kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi anda tetap memerlukan folat untuk kehamilan anda ini. Vitamin B6 efektif untuk mengurangi rasa mual tetapi konsultasikan vitamin kehamilan yang sesuai dengan dokter anda. Dan Dokter anda mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.
  • Pengobatan secara Tradisional : Biasanya orang menggunakan jahe dalam mengurangi rasa mual pada berbagai pengobatan tradisional. Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengkonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk menbantu mengatasi rasa mualnya.
  • Istirahat dan relax akan sangat membantu anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila anda stress hanya akan memperburuk rasa mual anda. Cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku bayi atau majalah kesayangan anda dll. Hadapilah kehamilan anda dengan kebahagian, karena ini adalah anugerahNya. Bayangkan saja si kecil yang akan segera hadir membawa sejuta kebahagiaan.

Ingat!!! Hubungi dokter anda bila mual-muntah menjadi sangat hebat, sehingga anda tidak dapat makan atau minum apapun juga sehingga dapat menimbulkan kekurangan cairan/dehidrasi. (Hiperemesis gravidarum).

8 comments:

  1. Morning sickness jika tidak segera diatasi memang bisa menimbulkan efek bagi ibu hamil, yaitu akan kekurangan gizi....

    ReplyDelete
  2. Jika artikel ini memberikan informasi secara ikhlas, maka terima kasih yang tulus akan anda dapatkan.

    ReplyDelete
  3. Artikel ini begitu baik, terima kasih atas semua yang telah berikan khususnya kepada saya dan umumnya kepada semua.

    ReplyDelete
  4. Senang bisa berkunjung ke website ini, karena di webiste ini saya saya mendapatkan pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Jika artikel ini memberikan informasi secara ikhlas, maka terima kasih yang tulus akan anda dapatkan.

    ReplyDelete
  6. Apa yang sudah Anda beritakan begitu berguna bagi saya. Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Jika artikel ini memberikan informasi secara ikhlas, maka terima kasih yang tulus akan anda dapatkan.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih kepada web ini yang telah meluangkan waktu untuk memberikan informasi kepada kita semua.,

    ReplyDelete

Add to Google Add to My Yahoo! Add to My AOL Add this Content to Your Site