Monday, December 22, 2008

Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Anda sangat tegang dan merasa tidak enak badan


Jika tiba-tiba anda merasa sakit yang sangat didada, dan mulai menjalar ke lengan dan dagu? Tetapi, jarak kerumah sakit yang terdekat kira-kira masih 5 km lebih celakanya lagi anda tidak tahu apakah dapat bertahan sampai begitu jauh.


Harus bagaimana?


Anda dulu pernah dilatih cara CPR, tetapi instrukturnya tidak pernah mengajar anda cara bagaimana menolong diri-sendiri!

Saat sendirian dan terkena serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya?

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal, serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika disekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama, penderita harus menggunakan 10 detik yang singkat ini usaha menolong diri-sendiri.


Harus bagaimana?


Jawabannya :

Jangan panik, usahakan berbatuk terus dengan sekuat tenaga!! Setiap kali sebelum batuk, harus tarik nafas dalam-dalam. Kemudian berbatuk dengan kuat-kuat, dalam-dalam dan panjang-panjang, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada. Setiap selang dua detik, harus tarik nafas sekali dan berbatuk sekali, hingga pertolongan tiba, atau hingga merasa denyut jantung sudah normal, baru boleh istirahat.

Tujuan tarik nafas, untuk memasukan oxigen kedalam paru-paru. Tujuan batuk, untuk menekan jantung, agar aliran darah bersirkulasi. Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal. Pertolongan cara ini, agar penderita mempunyai kesempatan pergi ke rumah sakit.


Silakan memberitahu kepada orang lain cara pertolongan pertama serangan jantung ini.
Mungkin saja dapat menolong mereka !!!

No comments:

Post a Comment