Saturday, November 1, 2008

High definition arthroscopy system; metode terapi terbaru gangguan lutut


Gangguan lutut, ternyata tidak hanya dialami oleh usia lanjut akibat osteoarthritis (pengapuran pada lutut), namun juga bisa dialami oleh siapa saja baik olahragawan maupun orang muda yang dinamis dan senang berolahraga. Kurangnya pemanasan saat berolahraga dan trauma merupakan penyebab tersering munculnya berbagai gangguan lutut yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri di lutut, berbunyi saat lutut digerakkan atau lutut menjadi kaku.

Gangguan lutut seringkali diremehkan, padahal gangguan lutut apabila tidak ditangani secara dini dan tepat akan berakibat fatal dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Untungnya kini telah hadir sebuah pelayanan kesehatan untuk lutut dengan pelayanan kesehatan berkualitas secara lengkap, mulai dari konsultasi hingga fasilitas untuk terapi penanggulangan gangguan yaitu Jakarta Knee and Shoulder Orthopaedic Sport Center.

Jakarta Knee and Shoulder Orthopaedic Sport Center merupakan sebuah fasilitas pelayanan terintregrasi yang tersedia di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dengan menerapkan metode serta teknologi terkini untuk diagnostic dan terapi penanggulangan gangguan. Pelayanan tersebut hadir dengan memberikan alternative solusi masyarakat yang mengalami ketidaknyamanan tidak hanya pada lutut namun juga bahu.

dr. Andre PontohRS Pondok Indah yang telah berhasil meraih sertifikat Akreditasi Rumah Sakit 16 Bidang Pelayanan serta sertifikat ISO 9001:2000 Sistem Manajemen Mutu ini, terus memberikan edukasi masyarakat dalam khususnya mengenai perkembangan ilmu kesehatan, diantaranya dengan mengadakan acara temu media di Auditorium RS Pondok Indah dengan tema Gangguan Lutut dan Terapi Penanggulangan Terkini dengan pembicara adalah dr. Andre Pontoh.

Dr. Andre Pontoh adalah seorang ahli bedah orthopaedi RS Pondok Indah dengan area spesialisasi lutut serta Sport Medicine, yang secara rinci menjelaskan seluk beluk mengenai lutut dan gangguan yang sering terjadi pada bagian tubuh ini, sekaligus terapi yang dilakukan dalam upaya penanggulangan gangguan lutut dengan menerapkan terapi/teknik dengan metode dan teknologi terkini, di antaranya adalah High Definition Arthroscopy System generasi terbaru.

Arthroscopy adalah suatu teknik operasi sendi dengan cara bedah invasif minimal (sayatan kecil). Dengan penggunaan High Definition System menghasilkan tampilan gambar dengan resolusi tertinggi. Sebelumnya, peralatan yang digunakan untuk operasi jenis ini hanya menggunakan single chip dan three chips, dimana resolusi serta kualitas gambar yang ditampakkan lebih dibandingkan ketajaman gambar yang dihasilkan dengan menggunakan High Definition Arthoscopy System, dan hal ini memberikan hasil diagnostik yang lebih baik.

Terapi penanggulanan gangguan lutut dengan teknik Bedah invasif minimal (Arthroscopy) mempunyai beberapa keuntungan yakni pasien mengalami rasa nyeri yang minimal paska operasi dan periode pemulihan dalam waktu yang relatif jauh lebih cepat dibandingkan operasi dengan teknik konservatif. Sedangkan keuntungan dari High Definition Arthroscopy System adalah selain bisa hasil diagnostik yang lebih baik, dokter juga dapat langsung melakukan terapi dalam waktu yang bersamaan, sehingga diharapkan hasilnya dapat lebih baik.

Dalam proses pemeriksaan gangguan lutut & bahu, RS Pondok Indah juga dilengkapi dengan MRI 1.5 Tesla yang memberikan hasil gambar anatomi tubuh bagian dalam yang lebih detil dan tajam, sehingga tidak akan ada kelainan yang terlewat dari hasil pantauan alat ini.

Perangkat pendukung canggih lainnya yang terdapat di RSPI adalah Computer Aided Surgery (CAS) untuk operasi penggantian sendi lutut yang menggunakan komputer. Dengan keahlian dokter bedah orthopaedik RSPI, operasi lutut dapat dilakukan dengan tingkat akurasi yang tinggi dan mampu menghasilkan fungsi lutut yang lebih baik.

Dr. Andre Pontoh, merupakan satu-satunya dokter ahli bedah orthopaedi di Indonesia yang melakukan Double Bundle ACL Reconstruction, sebuah teknik operasi penggantian urat lutut yang putus yang pertama kali ditemukan di Jepang. Tidak hanya itu, fasilitas sub spesialistik ini menangani gangguan lutut dan bahu mulai dari kasus yang ringan sampai berat, misalnya kasus osteoarthritis (pengapuran pada lutut), cedera meniscus, tulang rawan pecah, dan lain sebagainya.(source:
Sri - medicastore.com)

No comments:

Post a Comment